Jenis Kacang Yang Menyehatkan Untuk Dikonsumsi

Konsumsi berupa kacang – kacangan sangat baik untuk mereka yang sedang diet. Hal ini karena, umumnya kacang – kacangan memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap serta baik bagi kesehatan tubuh, seperti antioksidan, serat, protein, karbohidrat kompleks, berbagai jenis mineral dan vitamin. Untuk itulah, mengapa dengan hanya mengonsumsi kacang – kacangan dapat membantu seseorang untuk lebih sehat serta kenyang lebih lama.

Berikut merupakan jenis kacang yang menyehatkan bagi tubuh, diantaranya

• Lentil

Untuk mereka yang vegetarian, jenis kacang ini dapat menjadi sumber protein yang sangat baik. Umumnya kacang tersebut diolah menjadi sup hangat. Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, dalam secangkir lentil matang sebanyak 198 gram memiliki kandungan berupa  vitamin B sebesar 22 persen, folat sebesar 90 persen, protein sebesar 17,9 gram, mangan sebesar 49 persen, serat sebesar 15,6 gram serta kalori sebesar 230 kalori.

Manfaat yang dapat diperoleh dari mengonsumsi kacang lentil yakni bisa membantu dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kacang ini bisa menambah fungsi usus. Inilah yang nantinya bisa mencegah munculnya lonjakan terhadap gula darah pada tubuh.

• Kacang Merah

Mungkin sebagian dari kita sudah tidak asing lagi dengan jenis kacang yang satu ini. Ya, untuk kacang merah memang sering dikonsumsi bersamaan dengan nasi yang dibuat menjadi sup. Berdasarkan nutrisinya, dalam secangkir kacang merah sebanyak 256 gram yang dimasak mengandung berupa zat besi sebesar 17 persen, mangan sebesar 22 persen, serat sebesar 13,6 gram, kalori sebesar 215, vitamin B1 sebesar 20 persen, folat sebesar 23 persen serta protein sebesar 13,4 gram.

Untuk kacang merah ini bisa membantu mengurangi kadar gula dalam tubuh. Menurut beberapa studi yang telah dilakukan terhadap 16 orang dengan diabetes tipe-2, mengungkapkan bahwa ketika menambahkan kacang merah di sepiring nasi bisa membantu mencegah melonjaknya gula darah ketimbang dengan mereka yang hanya mengonsumsi nasi.

• Kacang Arab

Kacang arab ( kacang garbanzo ) termasuk salah satu jenis kacang – kacangan yang memiliki kandungan protein serta serat tinggi. Dalam secangkir kacang arab sebanyak 164 gram mengandung berupa zat besi sebesar 26 persen, serat sebesar 12,5 gram, kalori sebesar 269 dan protein sebesar 14,5 gram. Untuk manfaatnya sendiri bisa membantu dalam mengendalikan gula darah, berat badan serta mengurangi resiko atas penyakit jantung dan juga kanker.