Pantangan Yang Perlu Dihindari Bagi Penderita Hepatitis

Umumnya penyakit hepatitis diharuskan untuk melakukan pengobatan secara rutin guna menjaga kondisi kesehatan. Tidak hanya pengobatan, sejumlah pantangan juga perlu diperhatikan agar tidak memperparah kondisi penderita hepatitis.

Hepatitis termasuk salah satu penyakit peradangan yang terjadi pada organ hati. Hal ini tentu dapat terjadi karena mengonsumsi narkoba, alkohol maupun kondisi medis tertentu. Akan tetapi, kebanyakan hepatitis terjadi karena tiga virus berbeda, yakni hepatitis C, B dan A.

Saat tidak ditangani dengan benar, maka tidak menutup kemungkinan mereka yang mengalami hepatitis akan berujung pada komplikasi. Komplikasi pada hepatitis bisa berakibat pada penyakit kanker hati, hati kronis dan juga gagal hati.

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh para penderita hepatitis dalam mencegah munculnya komplikasi yakni dengan menerapkan pola hidup sehat. Tidak hanya sejumlah pantangan makanan untuk penderita hepatitis, berikut beberapa pantangan yang tak kalah penting bagi penderita hepatitis.

• Rokok

Rokok mengandung racun yang dapat membahayakan tubuh, termasuk hati. Untuk itu, penting bagi mereka yang menderita hepatitis menghindari rokok agar tidak memperparah kondisi kesehatan organ hati. 

• Obat Yang Dapat Memperparah Hepatitis

Bagi para penderita hepatitis, terutama hepatitis C, diharuskan untuk lebih berhati – hati dalam mengonsumsi sejumlah obat – obatan. Obat – obatan yang menjadi pantangan bagi penderita hepatitis yakni obat pembesaran prostat, kolesterol tinggi, kontrol kelahiran, kejang dan juga refluks asam. Tidak hanya itu, obat penenang, parasetamol serta NSAID juga perlu dihindari.

• Alkohol

Alkohol diproses melalui organ hati sebagai racun. Bahkan, alkohol tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab munculnya hepatitis pada seseorang. Untuk itu. penting menjadikan alkohol sebagai pantangan bagi penderita hepatitis, sebab dengan mengonsumsi alkohol hanya akan memperparah kerusakan hati.

• Obat – obatan Ilegal

Narkoba atau obat – obatan ilegal dapat memicu munculnya dampak buruk terhadap hati seseorang. Salah satunya yakni ganja yang bisa mempercepat jaringan parut pada organ hati. Jaringan parut adalah akar dari penyakit sirosis yang dapat merusak organ hati.

• Stres Berlebihan

Dampak stres juga dapat memperparah hepatitis. Cara yang dapat anda lakukan dalam menyingkirkan stres yakni dengan berbicara sesama penderita hepatitis. Ini dapat dilakukan dengan mengikuti grup yang terdiri dari pasien penderita hepatitis guna saling memberikan dukungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *